THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 07 Desember 2010

IstilaH RayUann GomBall


rayuan gombal
rayuan gombal
Pernahkah anda terpikir mengapa ada istilah rayuan gombal untuk menggambarkan ‘kegilaan’ seorang pria memenangkan hati seorang wanita? Yang saya tahu ini adalah hasil kreasi bahasa gaul ABG generasi tahun 60an. Seperti ABG generasi sekarang mereka memelesetkan kata I love you menjadi ‘I lap you’. Karena ’lap’ adalah kain pembersih, supaya lebih seru lagi digantilah istilah ’lap’ menjadi ’gombal’.
Di era tahun 60an rayuan gombal yang banyak menghiasi cerpen-cerpen dan karikatur di koran adalah kata-kata Kalau dikau tidak percaya akan cintaku, belahlah dadaku ini ! Waduh seram betul, apalagi kalau benar-benar sang gadis mengambil golok untuk membelah dada, bisa ngacir sang pemuda perayu ulung itu.
Atau rayuan maut berikut ini : Kalau kau tolak cintaku ini, lebih baik aku pergi menggantung diri ( di pohon cabai). Yang didalam kurung cuma diucapkan didalam hati saja, ha…ha…ha…
Ada banyak istilah ’cinta’ dalam bahasa-bahasa di dunia ini, tapi yang paling terkenal tentunya kata bahasa Inggris love. Sebelum membahas soal cinta, tahukah anda mengapa pada skor pertandingan tenis lapangan angka ’nol’ disebut love ? Misalnya kedudukan dalam suatu set 0 – 30 disebutnya love – thirty. Ternyata kata love ini berasal dari kata Perancis l’œuf yang bermakna ‘telur’, dan memang telur ini kan bulat seperti angka nol.
Pepatah yang paling terkenal di seluruh dunia tentunya love is blind alias ’cinta itu buta’. Tapi ternyata dogma yang mengatakan bahwa cinta itu buta tidak selamanya betul, sebab ternyata ’cinta’ ini bisa membedakan antara ’bunga mawar’ dengan ’bunga deposito’.
Ada lagi istilah love at the first sight (cinta pandangan pertama). Berbahagialah mereka yang mengalaminya dan langsung naik ke pelaminan. Soalnya ada anekdot yang bercerita mengenai perjalanan cinta seorang gadis. Pada waktu masih muda belia, kalau ada cowok yang mendekat, dia akan bertanya : What is he ? (apa pekerjaannya), kalau umurnya mulai merangkak pertanyaannya menjadi Who is he ? ( siapa dia), dan kalau umurnya sudah ’kritis’ maka pertanyaannya berubah menjadi Where is he ? (dimanakah dia).
cupid

Disamping kata love ada beragam kata di dunia untuk menyatakan cinta dan kasih sayang ini. Dalam bahasa Yunani ada kata agape,eros, philia dan xenia. Dalam bahasa Latin atau Romawi kuno ada kata amor, yang uniknya merupakan anagram (kebalikan susunan huruf) dari kata Roma. Didalam bahasa kita ada sinonim kata ’asmara’ yang banyak dipakai dalam syair-syair lagu dengan ungkapan ’panah asmara’. Siapakah nama dewa balita yang suka memanah asmara ini? Namanya adalah Cupid yang menurut mitos Romawi adalah anak dari dewi cinta Venus dan dewa perang Mars. Buat generasi 60an pasti masih ingat lagu Stupid Cupid yang dilantunkan oleh penyanyi Connie Francis.
Sewaktu kita masih remaja, kalau kita jatuh cinta pasti dibilang itu ’cinta monyet’. Dari mana istilah itu? Ternyata itu berasal dari bahasa Belanda apenliefde. Tapi sesungguhnya ini terjemahan yang salah kaprah,karena apenliefde sejatinya adalah ’cinta seorang ibu atau kasih ibu’. Sedangkan cinta remaja yang dimaksudkan sebagai puppy love dalam bahasa Belanda disebutnya kalverliefde ( kalver artinya ’anak domba’).
Didalam suatu resepsi pernikahan pasti kedua mempelai akan mendapat wejangan dari tetua mengenai merawat cinta. Tapi sayangnya banyak nasehat yang sebetulnya cocok masuk kamus kelirumologinya Jaya Suprana. Dikatakan disitu agar mereka mengarungi bahtera perkawinan sehidup dan semati. Lha ini kan bisa berarti ’biar saya yang hidup dan kamu yang mati !’ Atau kalimat klise berikut ini : ”Mudah-mudahan cinta kalian terus langgeng sampai kakek-kakek dan nenek-nenek ! Rupa-rupanya kalimat inilah yang bikin bapak-bapak yang sudah punya cucu (berarti sudah jadi kakek) cintanya ’habis’ dan kawin lagi dengan gadis muda.
Pernah dengar lagu L.O.V.E. yang pertama kali dinyanyikan oleh Nat King Cole ? Saya yakin semuanya pernah mendengarnya karena hingga era sekarang ini tembang romantis ini masih didendangkan semua usia. Dia mengartikan empat huruf LOVE ini dengan amat puitis sebagai berikut :
L is for the way you look at me
O is for the only one I see
V is very, very extraordinary
E is even more than anyone that you adore can.

0 komentar: